Jumat, 10 Januari 2014

HaPer semester 2 :)



Malam ini pikiranku mulai ngawang lagi sama tulisan dan blog yang kayaknya udah nunggu berhari-hari haus akan pengalamanku sendiri. Ini adalah tulisan tentang minggu pertama aku masuk sekolah, lebih rincinya H-98 Ujian Nasional. Tapi kok, kayaknya cuma bisa galau UN aja ya? Galau UN tanpa mikir langkah pertamanya, yaitu belajar yang maksimal.

Hari pertama masuk sekolah di semester ke-2 adalah hari dimana aku bakalan kangen-kangenan sama anak sekelas dan mungkin seluruh orang yang ada disekolah. Aku sadar sih ada yang beda dari apa yang aku rasakan dihari pertama. Kalau dulu aku suka biasa aja pas masuk hari pertama liburan semester kali ini, soalnya diliburan sebelumnya, sekolah selalu jadi basecamp dan tempat liburanku, jadi.. dulu liburan atau nggak bagiku itu sama aja. Tapi untuk saat ini, ditahun-tahun penuaan masa SMA, aku ngerasa kanggeenn banget sama sekolah, sama orang-orangnya, bahkan mungkin sama hewan-hewan di taman tengah itu hahaha, kangen semua deh semuaaa. Andai aku punya tangan yang segede sekolah, mungkin udah aku peluk tu sak isi-isinya, wkwkwk raksasa kale..

Hari pertama cuma diisi sama jam kosong. Bahagia banget ni kalau jam kosong, soalnya aku bebas keluar masuk kelas kapan aja. Awalnya sih aku reunian sama anak kelas yang pastinya jadi reuni yang paling hangat. Kenapa bisa gitu? Soalnya.. mereka itu ibaratkan selimut ditengah udara dingin malam hari hehe, jadi.. pas ketemu sama mereka berasa nyaman aja, anget, dan bahagia. Ngeliat senyum mereka, tingkah aneh mereka, dan melakukan hal bodoh sama mereka, satu hal yang paling aku suka adalah.. ketika temen-temen ngomong aneh dengan gaya yang apa adanya dan kita ketawa bareng sambil pukul-pukul perut sendiri atau pukul bahu temen disamping kita *hahahhaha.

Hari pertama bukan cuma aku pakai buat seneng-seneng aja. Kali ini aku juga mulai kerja program baru disekolah sama 5 orang anak lain yang katanya kece padahal nggak, katanya keren  tapi agak miring, yang katanya kreatif tapi gak tau apa-apa soal apa itu kreatifitas. Oke.. lupakan hal bodoh mereka, karena itu juga hal bodoh gue -_-. tapi lepas dari kekurangan itu, kami adalah 6 orang anak yang terpilih untuk misi besar akhir masa SMA kami. Aku kenalin aja deh, mereka adalah temen-temenku dari panitia  buku tahunan. Panitia ini bukan cuma sekedar bernama PANITIA. Tapi kita 
punya julukan yaitu…..

*baca adegan ini*

Manusia BTA: halloo semua.. selamat pagi, selamat datang disekolah pada hari pertama.. yaa.. tepukk tangan…
(gak ada yang tepuk tangan)

Manusia BTA: okee.. lupakan.. kali ini kita bakalan ngasi tau program baru kita yaituuu.. buku tahunan. Dan perkenlkan kita adalah panitia BTA, singkatan dari Buku Tahunan pAnitia. Pakai B besar, T besar, tapi p kecil dan A besar di kata panitia. Tepuk tangaannn dong?? (sambil senyum dan ketawa mrengiss)

Orang-orang: apaan sehhh?! (ekspresi datar)

Suasana krik.. krik.. garing banget

*tamat*

Diatas itu adalah potongan dari adegan ketika panitia buku tahunan yang lagi promosi. Kasian banget sih soalnya kita kayak yang digaringkan gitu. Tapi itu gak bertahan lama setelah kegilaan-kegilaan kita muncul didepan mereka yang udah dikolaborasikan sama gerakan bodoh yang gak bangettt..haha. yaa.. aku gak peduli sih kita para panitia melakukan hal bodoh kayak gimana dan bagaimana, yang penting kita happy dan melakukan tanggung jawab kita dengan baik. Satu kalimat yang aku ingat waktu masuk disalah satu kelas adalah INI…………..

*baca adegan*

Masuk kelas sama panitia..

“eh.. nof, aku mau puas-puasin liat anak-anak hari ini hehe”

*tamat*

Diatas itu, adalah kalimat yang aku utarakan sama temen panitiaku, Novita. Aku sih gak tau dia dengar atau nggak. Tapi yang jelas, aku bener-bener ngomong kayak gitu. Gak tau darimana kalimat itu sempat terfikirkan. Walaupun otak memang sumber pemikiranku, tapi aku lebih yakin kalau saat itu yang ngomong itu bukan dari sensor otak tapi dari hati *wes. Selama aku ngomong dan masuk ditiap kelas, aku berusaha meng-capture muka teman-temanku satu persatu, berharap, mereka bukan cuma aku kenang lewat nama, tapi juga lewat ekspresi wajah mereka waktu liat aku, yaaa.. aku. Aku teman seangkatan mereka yang kemungkinan besar bakalan berpisah sama mereka 2 atau 3 bulan lagi (senyum haru).

Di hari petama berjalan dengan lancar sampai sekolah bener-bener sepi dan tersisa 6 orang anak yang berkisah akan diri mereka masing-masing. Ewik, ciko, alif, sita, putu, dan aku. Kita Cuma duduk didepan  koridor kelas XII ipa 4 dan ngeliat keatas atap atau kebawah lantai. Kita bukan lagi nunggu gerobak bakso yang bakalan jatuh kayak di iklan mie di tv loyaa… kita cuma lagi galau masa depan. Mau kuliah dimana? Jurusan apa? Fakultas apa? Mau jadi apa ?..ahhhhh pertanyaan ini sebenernya udah basi dan sering kita ulang-ulang. Tapi bener-bener belum dapet jawaban, ilhamnya masih jauh d atas gunung sedangkan kita sekarang masih berusaha mendaki di kaki gunung itu (gunung impian).

Hari pertama semester 2 bakalan jadi hari yang aku kangenin.

Sama dengan hari –hari lainnya yang udah aku lewatin sama temen-temen disekolah. Banyak hal yang aku pelajari dihari pertama ini.

Pertama.. memang benar apa kata guru sosiologi. semakin sering kita bertemu dengan orang yang sama, maka akan semakin kuat ikatan batin dan komunikasi kita dengan orang-orang itu. contohnya sekarang sama dengan teman-teman kelas, teman-teman seangkatan,dan  sahabat-sahabat, mereka adalah orang yang sering aku ajak berinteraksi disekolah. Sampai-sampai bisa lupa waktu kalau mereka udah nempel di deketku dan ngomong apa aja yang mereka, kita, dan aku alami. Ke-jombloanku jadi gak ada artinya kalau mereka sudah ngasih senyuman buat aku setiap hari disekolah ini. Mereka adalah tempat dimana aku berhasil menciptakan pelangi masadepan setiap harinya.

Kedua.. ternyata panitia itu gak perlu pasang mukak serius dan kejam setiap saat gara-gara mumet sama programnya. Tapi panitia itu harus membaur dengan para bawahannya dengan hal lucu yang gak disangka-sangka bakalan jadi sesuatu yang akan membuat para bawahannya menjadi tertawa lepas dan mau bersemangat membantu program panitia. aku banyak belajar dari panitia buku tahunan yang apa adanya, tapi tanggung jawab tetap kita genggam dengan baik.

Ketiga.. menunggu masa depan adalah sesuatu yang udah kita lakukan setiap saat. Masadepan itu misteri, karena yang dimaksud dengan masa depan adalah sesuatu yang belum kita ketahui akan seperti apa jadinya. Bulan depan adalah masa depan, minggu depan juga masa depan, besok-pun bisa disebut masa depan, bahkan se-jam dari waktu aku nulis sekarang juga disebut dengan masa depan. jadi, kalau mau masa depan baik, lakukan yang terbaik disetiap waktu (bismillah aamiin)

Aku tutup dengan kalimat ini *baca dibawah*.

“semua hal didunia  ini merupakan dampak dari apa yang kita lakukan sedetik, sejam, sehari, seminggu, sebulan, setahun, atau bahkan bertahun-tahun yang lalu. Jadi, usahakan disetiap detiknya adalah detik yang berharga untukmu dan orang disekitarmu.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar