Minggu, 17 November 2013

Suka nulis?

Selamat hari minggu readers..
Kali ini aku mau cerita tentang kebiasaanku, nulis..

Menurutku, tulisan adalah bukti perjalanan hidup yang nyata. Jadi kalau gak ada manusia sebagai saksi. Tulisan bisa jadi saksi dari sebuah perjalanan dan kejadian penting.

Aku suka nulis. Aku gak liat hal ini sebagai kelebihan. Tapi aku liat ini dari sebuah sisi kenyamanan. Aku merasa senang kalau bisa mengungkapkan apa yang aku dapat, apa yang aku khayalkan dalam karya tulis.

Waktu masih kecil. Aku suka buat segitiga bersambung dibuku tulis. Aku buat bentuk seperti itu karena aku masih belum kenal sama yang namanya alphabet hehe2

Waktu TK. Seiring berjalannya waktu aku bisa baca dan bisa nulis alphabet. Gara-gara bisa baca, aku dapat buku gratis dari perpustakaan sebanyak 3 dus buku yang isinya novel education yang isinya tentang petualangan anak.

Di SD. Aku sudah biasa menulis surat cinta *sih.. tapi ini bukan surat cinta buat aku sendiri, jangan salah paham.. :D. Surat cinta yang aku tulis adalah pesanan dari teman-teman. Mereka meminta aku untuk nulis surat cinta buat pacar mereka masing-masing. Entah kenapa aku iyakan permintaan mereka. Dan merekapun puas dengan kerjaku *hehe

Waktu SD aku juga masih ingat dengan tulisanku yang berjudul
"Berlibur ke surabaya". Tulisan ini pertama kali aku tulis di kelas 2 SD. Dan tulisan ini buat pamorku jadi buruk di depan teman-teman. Kenapa ? Aku melakukan hal bodoh disetiap tulusanku dengan selalu menyelipkan kata DAN sebagai kata sambung. Jadi tulisanku begini
"Liburanku kesurabaya dan aku senang sekali dan aku pergi jalan jalan. Dan sesampainya disana aku pergi ke mall dan aku dann dann dann..."
Disetiap sela kalimat dan katanya, selalu saja ada kata DAN. Aku merasa bersalah pada kota surabaya karena buat karya seburuk ini X|. Pamorku langsung jelek dimata teman-teman. Semenjak itu gak ada lagi yang memintaku untuk nulis surat cinta mereka *haah

Waktu SD. Setiap kali guru memintaku menuliskan sebuah pengalaman yang seru. Aku selalu menulis dengan judul yang sama disetiap tahunnya.. ya.. apalagi kalau bukan dengan judul
"Berlibur ke surabaya". Aku gak bisa nyalain diri sendiri. Memang waktu itu, pengalaman yang asik cuma berlibur ke surabaya, dan itupun aku perginya cuma sekali pas kelas 1SD. Jadi, selama 6 tahun di SD, ceritaku selalu sama, judulnya sama.. --". Tapi anehnya tempat yang aku kunjungi selalu berbeda ditiap tahun penulisannya..-__- (supaya gak curiga kalau aku ke surabaya cuma sekali doang hihihi)

Waktu aku SMP. Aku mulai suka dengan novel teenlite. Aku sering banget baca novel teenlite, sampai aku bisa nebak ending dari setiap ceritanya. Yaa.. kalau gak cintanya kebalas, pasti pacarnya sakit-sakitan terus meninggal, atau sebaliknya. Dan saat itula aku mulai bosan untuk baca novel teenlite. Karena seringnya aku baca. Kosakataku untuk menyusun sebuah cerpen sudah mulai terkumpul. Waktu SMP aku sudah sempat nulis cerpen petualangan anak. Kok bukan soal cinta? Ya.. karena aku masih belum bisa.mengartikan apa itu cinta dan rasanya sulit untuk memasukkan perasaan cinta pada sebuah karakter cerpen. Waktu SMP aku masih malu untuk mempublikasikan tulisanku. Sampai-sampai.. tulisanku hilang dan lenyap sama laptopnya.. rasanya pengen triakkkk waktu itu. Bayangin aja.. semua karyaku ada dilaptop itu, dan semuanya MENGHILANG -___-

Di SMA. Aku mulai menulis lagi setelah aku trauma untuk menulis gara-gara semua dataku hilang. Dan disela kesibukan organisasi, ahirnya aku bisa nulis beberapa karya yang disukai sama banyak orang. Dan trimakasi untuk teman sebangkuku yang punya akun Fb : aliffatul Hasanah dan akun Twitter : @aliffatulH (sorry aku promoin hihi) atas sarannya untuk minta aku ikut lomba nulis dan aku bisa.jadi juara 1 di JaTim. Belum puas dengan kemenanganku. Saat ini aku lagi ada proyek nulis cerpen yang mungkin suatu saat nanti akan menjelma jadi novel *amin. Aku janji nanti aku publish disini untuk para readers.

Dan intinya. Sebenarnya aku suka nulis sejak aku kecil sampai sekarang atau bahkan selamanya. Bahkan aku bisa nulis dimana aja, di kamar, di kelas, di lorong-lorong, dipinggiran kota, bahkan di toilet hanya dengan handphoneku. Aku tulis semua yang aku alami di blog ini dan di handphoneku. Kapan saja dan dimana saja yang aku mau. tapi aku tidak menganggap ini adalah kelebihan, tapi ini adalah sesuatu yang aku sukai. Karena dengan tulisan, aku bisa berbagi, aku bisa bercerita dengan seseorang bahkan banyak orang. Karena tulisan adalah bukti dari sebuah perjalanan hidup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar