Sabtu, 30 November 2013

KESEPIAN? NO!

Malam minggu ini, aku gak mau cerita soal kejadian-kejadian beberapa hari lalu yang memang masih belum sempat aku ceritakan.

Tapi. Malam ini aku mau cerita mengenai kebiasaan yang biasa aku lakuin kalau lagi sendiri atau lebih tepatnya, ketika aku lagi kesepian *hehe

Sebenarnya, gak ada alasan khusus kenapa dimalam minggu ini, tiba-tiba aku berfikir untuk menulis  hal yang berhubungan dengan "kesepian". Cuma lagi ngisi waktu luang aja sih, dengan menulis pengalaman dan berbagi dengan orang lain :)

Biasanya, kalau kalian lagi kesepian, apa yang biasa kalian lakukan? Pastinya... kalian akan melakukan sesuatu yang bisa membuat kalian lebih senang dan nyaman bukan? Ya.. itu pasti.

Tapi..setiap orang memiliki kebiasaan yang berbeda-beda untuk menghibur diri dalam "kesepian". Dan aku punya cara sendiri untuk bisa membasmi kesepian hehe.

Saat ini Aku belum pernah punya someone special seperti teman-teman yang lain. Dan.. banyak orang yang berpendapat, bahwa hidupku akan biasa aja kalau aku gak punya pacar.

Tapi.. gak juga kok. Semua orang memiliki kebahagiaannya masing-masing, serta memiliki kadar kesepian yang berbeda. Itu bukti, bahwa, meskipun aku gak punya pacar, belum tentu aku adalah orang yang merasa kesepian. Bahkan, dengan status single-ku, aku bisa bebas bermimpi, bebas ber-ekspresi, bersosialisasi, dan mengembangkan apa yg aku ingin kembangkan. Jadi, bagaimana aku bisa mengurangi kadar kesepianku? Ini dia jawabannya...

Pertama, aku punya hal yang biasa aku kerjakan. Seperti aktifitas bersama teman-teman. Disini, aku bisa seru-seruan sama teman-teman. Kapan aja dimana aja.. kok bisa ? Bisalah.. di era yang canggih seperti sekarang, handphone atau lebih sering kita sebut smartphone memiliki dampak besar dalam perubahan sosial kita. Termasuk dalam hal mengurangi rasa sepi. Karena.. kita bisa bermain, berkomunikasi, dan melakukan banyak hal hanya dengan satu kali KLIK. :) (read: Hp-ku gak pernah sepi karena mereka*teman2).

Kedua, aku punya hobi. Aku tau sih.. semua orang pastinya punya hobi. Tapi yang jadi pertanyaan. Masihkah ada orang yang bisa memanfaatkan hobinya dengan benar dan baik ? Pasti ada, tapi tidak semua. Bagi anak indonesia di jaman sekarang yang serba praktis dan pergaulan yang asal - asalan. Sulit untuk bisa menyadarkan bahwa Sebenarnya, hobi adalah sarana paling asik yang ada dalam diri manusia. Dan bagi aku, Hobi itu penting, karena aku berpendapat, suatu hari nanti hobi yang awalnya kita jalani hanya sebagai pengisi waktu luang bisa jadi bakat kita dan bisa menghasilkan uang. Dari hobi, aku bisa menghilangkan rasa sepi. Misal, ketika aku menulis, dengan menulis, aku bisa lebih berkonsentrasi akan setiap kata dan kalimat yang aku susun tanpa memikirkan hal lain seperti rasa galau, dilema dan apalah kata anak jaman sekarang hehe.. hobiku yang lain adalah membaca buku pengetahuan umum atau buku cerita, motivasi dan sebaginya, dengan membaca aku bisa menambah pengetahuan, dan aku juga bisa fokus dengan apa yang aku baca tanpa berfikir hal lain yang akan mengacaukan suasana. Dan terkadang, mendengarkan musik adalah alasan banyak orang untuk bisa relax, aku juga memberlakukan itu setiap harinya.. karena dengan lagu, kita bisa merasakan memiliki seorang teman ditengah kesepian yang sebenarnya sedang mendera *wow hehe*

Ketiga, menyibukkan diri dengan hal positif. Aku suka bagian ini. Dan benar adanya jika kita sibuk dengan hal positif yang kita kerjakan. Maka akan menambah pengalaman kita untuk bisa berani menghadapi masa depan. Selain itu, kita akan terlatih untuk bisa berfikir positif dan optimis mengenai apa yang kita kerjakan. Dan ketika aku sudah terbiasa untuk sibuk mengurusi beberapa keperluan sekolah, seperti program besar & kecil di sekolah, study tour, buku tahunan, dan bertemu dengan banyak orang yang lebih dewasa dan berbeda profesi, membuat aku memiliki waktu untuk banyak bersosialisasi. Jadi kadar kesepian bisa terkurangi dengan adanya ini.

Ke-empat. Bagian ke-4 adalah bagian kewajiban dan keharusan-ku sebagai umat yang ber-agama. Beribadah. Itu penting banget buat aku. Karena, ibadah adalah salah satu tiang dan tonggak yang harus ada dalam diri remaja saat ini. Ketika kita dekat dengan Rab kita, berbicara dalam setiap sujud dan seusai sholat, pastinya akan menjadi sesuatu yang sangat indah.. aku sudah terbiasa untuk menceritakan keluh kesahku hanya kepada Tuhan. Karena aku tau Rabku mengenalku lebih jauh dibandingkan semua makhluknya dimuka bumi ini. Dan ketika sepi melandaku, hanya ada aku dan Tuhan dalam malam yang sepi. Berbagi cerita tentang aku dan pengharapanku di dunia maupun diakhirat kelak. Termasuk pengharapan dalam kesepian :). Trimakasih Tuhan.

Sebenarnya banyak yang aku lakukan selama 17 tahun ini untuk bisa menghilangkan rasa sepi yang biasanya suka datang tiba-tiba. Tapi aku hanya bisa kasi 4 hal saja, karena, perlu kalian tau, aku menulis ini melalui handphone, itu artinya, aku gak bisa terlalu banyak menulis karena kapasitasnya terbatas dan jempol sudah agak gak bisa dipaksa ngetik lagi hehe. Mungkin kalian memiliki cerita yang berbeda ? Silahkan kalian tulis mengenai apa yang kalian biasa lakukan ketika kesepian mulai datang. Mengapa harus melalui tulisan?  Karena tulisan adalah salah satu metode kalian untuk bisa berbagi..

See you On Top :)

Learn and Share-Young On TOP :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar