Jumat, 06 Desember 2013

ITS... HUWOOOO!!

Kali ini, aku mau cerita tentang pengalamanku mengunjungi universitas ITS di bulan Juni lalu. Tepatnya tanggal 24 Juni 2013 kemarin. 

Kesempatan berkunjung ini aku dapatkan karena aku berhasil mendapat juara 1 penulisan kreatif tingkat Jawa Timur. lomba ini lingkupnya Nasional, hanya saja aku bisa bertahan sampai di juara 1 Provinsi. Padahal.. kalau aku bisa terus melanjutkan kemenanganku sampai ditingkat Nasional, aku berkesempatan mengunjungi Istana Negara dan bertemu dengan Presiden. Tapi gak papa, semua butuh proses, karena terkadang Tuhan tidak memberikan hadiahn kepada kita (umat) dengan cara beruntun, tapi secara bertahap.

Aku berangkat ke ITS jam  5 sore tanggal 23 Juni 2013. Sampai di Surabaya jam 01.00 dini hari. disana aku tinggal di asrama BKKBN yang cukup besar dan bersih. Enak banget tempatnya, fasilitasnya juga lengkap dan gak mengecewakan walaupun aku gak tidur di hotel.

Pagi harinya, aku langsung mandi dan bersiap pergi ke ITS dengan menggunakan baju seragam dan jaz almamater sekolah. Bangga banget bisa bawak almamater sekolah ke universitas ini dengan  sebuah prestasi. 

Tanggal 24 juni 2013. Di pagi hari aku sudah siap dengan catatan kecil dan flashdisk. Catatan kecil untuk membantuku presentasi dan flashdisk yang berisi mengenai media dan materi yang akan di presentasikan. Pagi itu, aku siap dengan segala hal, badan, materi, dan fikiran, serta mentalku untuk maju dihadapan 500 mahasiswa dan rektor serta dosen dari 5 universitas besar di Jawa Timur, seperti Universitas Airlangga, UNEJ, Bojonegoro, UNESA, dan ITS untuk mempresentasikan tulisanku dihadapan mereka. Aku tau ini adalah hari yang cukup berat buat aku, karena  ini adalah pengalaman pertamaku untuk menyampaikan karya tulis-ku dihadapan orang-orang yang sudah jauh berpengalaman. 

Tepat pukul 7 pagi acara dimulai di gedung Robotika ITS. Gedungnya besar banget, dan fasilitasnya itu lo.. banyak banget dan aku yakin mahasiswa yang sekolah disini gak akan pernah susah cari media pembelajaran. Acara dimulai dengan lomba Yel-yel mahasiswa, yang kemudian dilanjutkan dengan penyampaian pidato oleh juara 1 pidato kategori remaja dan dewasa. Setelah pidato, barulah presentasi dari pemenang karya tulis kategori dewasa dan dilanjutkan dengan kategori remaja.

sekitar pukul 9.00 aku melangkah kedepan 500 mahasiswa dan Rektor serta Dosen. Mengambil microphone dan kalimat yang pertama aku ucapkan adalah "bismillahirrahmanirahim". Saat itu aku berharap semua lancar dan semua juga bisa mendengarkan dengan seksama apa yang saat itu aku ucapkan. Awalnya aku gugup, tapi berselang 5 menit berjalan, aku merasa terbiasa berada didepan dan gugup-ku mulai hilang. Aku berbicara didepan dengan gaya bicaraku sendiri dan dengan apa adanya hingga setengah jam kemudian, presentasi berakhir dengan memuaskan.

Adalagi yang menarik, yakni ketika setiap pemenang sudah mepersembahkan masing-masing karya. Dilanjutkan dengan talkshow mengenai kependudukan dan juga perekonomian Indonesia yang di mentori langsung oleh Dosen Universitas Indonesia (aku lupa namanya hehe).

Acara di gedung Robotika berakhir pukul 12.00 siang. 1 jam kemudian, acara dilanjutkan di gedung Graha 10 Nophember dengan agenda acara "PENGANUGERAHAN POPULATION AWARD" yang akan disiarkan secara langsung di JTv. Acara ini dihadiri oleh semua pemenang lomba, 500 mahasiswa, Dosen, Rektor, dan juga Bupati serta Gubernur Jawa Timur. Aku duduk dibagian depan depan. Dikursi yang aku duduki sudah tertera nama "Riska Maulani Ahmi". hihihi berasa kayak orang penting. Acaranya asik, ada band (Winda Idol-OVJ), tarian, dan pengenalan kerja BKKBN dan pentingnya meminimalisir pertumbuhan penduduk di Indonesia. 

Akhirnya.. ditengah-tengah acara sampai juga di pembagian hadiah. Aku dapat piagam dan uang pembinaan. Merinding sih,, waktu di panggil ke atas panggung yang besar dan disorot kamera (soalnya aku baru kali ini dapat juara>> pengalaman pertama) hhehe.

aku bersyukur karena Tuhan membantuku untuk mewujudkan mimpiku. 
terimakasih Tuhan sudah memabantu. trimakasih teman-teman yang sudah mensuport dan membangkitkan semangatku. terutama buat kedua orang tua, Alif (yang sudah ngasi saran ikut lomba ini), Sonia (bersedia jadi editor), mbak Rani, Iik (Resky) yang sudah buat aku percaya bahwa Tuhan sudah memiliki rencana yang lebih baik buat aku. Trimakasih buat Aghet dan Afif, yang sudah kasi semangat waktu didepan Masjid pas hari-H kegagalan ke-2 ku di OSK, sampai buat aku nangis dan percaya kalau aku sudh dipersiapkan untuk sesuatu yang lain. Dan setelah aku berdo'a dan berusaha, akhirnya aku bisa menemukan  jalanku, disinilah jalanku.. dan takdirku

trimakasih untuk semuanya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar